Beranda Pendidikan Wujudkan SDM Unggul,   Melalui Wadah Kepramukaan

Wujudkan SDM Unggul,   Melalui Wadah Kepramukaan

510
0
BERBAGI

Mojokerto| Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, memimpin apel besar peringatan Hari Pramuka ke-58 di Gelora A Yani, Senin (19/8) pagi. Kegiatan yang diikuti seluruh anggota Kwartir ranting se-Kota Mojokerto tersebut, juga disertai dengan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Mojokerto 2019.

Apel besar hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 mengusung tema ‘Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada anggota pramuka yang berprestasi dan penyematan tanda Panca Warsa.

Penganugerahan tanda tertinggi bagi peserta didik anggota Gerakan Pramuka ini berupa, Lencana Pramuka Garuda, Tanda Penghargaan Panca Warsa dan penyerahan trophy serta Tunggul lomba Gugus Depan Unggul 2019. Untuk penghargaan Pramuka Siaga Garuda diberikan kepada Jazeyla Qurrota ‘Aina dan Rahmat Zaqi Darmawan dari SDIP Al’Azhar.

Untuk penghargaan Pramuka Penggalang Garuda diberikan kepada Atha Jihan Rifda Tsabita dari SMPN 1, M Donny Ardiansyah dari SMKN 2 dan Vira Amandita Saputri dari SMAN 3. Selanjutnya, penghargaan Pancawarsa I diberikan kepada Endang Sri W.S.Pd Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), selanjutnya untuk penghargaan Panca Warsa II diberikan kepada Djimin, S.Pd Andalan Cabang.

Selanjutnya untuk penghargaan Panca Warsa IV diberikan kepada Kusnan, S.Pd Pembina Gugus Depan, untuk Panca Warsa VI diberikan kepada Amin Wachid, S.Sos, M.Si Anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), dan penghargaan terakhir Panca Warsa VII diberikan kepada Sugianto, S.Sos, M.MPd Waka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa).

Sedangkan penghargaan Juara I Lomba Gudep Unggul diberikan kepada SDN Blooto 01(Gudep 01.25-01.26), Juara II Lomba Gudep Unggul diberikan kepada SDN Wates 04 (Gudep 02.17-02.18), Juara III Lomba Gudep Unggul diberikan kepada SDN Kranggan 03 (Gudep 03.35-03.36).

Penghargaan lomba gugus depan unggul kategori SMP, Juara I diberikan kepada SMPN 03 (Gudep 01.39-01-40), Juara II diberikan kepada SMPN 02 (Gudep 03.41-03.42), Juara III diberikan kepada SMPN 01 (Gudep 02.61-02-62), dan untuk kategori SMA diraih oleh SMAN 01 (Gudep 03.67-01.68), Juara II SMAN 03 (Gudep 03.69-02.70) dan Juara III diraih oleh MAN (Gudep 01.39-01.40).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pramuka merupakan rumah kita bersama. Untuk selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya. Sehingga bisa melahirkan generasi muda yang terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Gerakan Pramuka ini fokus untuk mendidik karakter generasi muda Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Sehingga kedepannya mampu menghadapi berbagai permasalahan bangsa, sosial dan masyarakat yang semakin komplek,” kata Ning Ita, sapaan akrabnya.

Selain itu, Ning Ita berharap kepada seluruh anggota Pramuka yang ada di Kota Mojokerto untuk mampu menghadapi berbagai ancaman melalui gerakan kepramukaan. Sehingga para generasi penerus Bangsa bisa bermanfaat bagi pembangunan Bangsa dan Negara melalui konsep pemerintah untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju.

“Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena saya yakin, generasi Indonesia adalah generasi hebat, kuat kreatif dan generasi petarung. Ingatlah, satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan, agar jaya Indonesiaku tercinta,” tutupnya.

END

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here