Beranda Opini “Si KorSi” Muncul Lagi di Pelatihan Kader AMPL

“Si KorSi” Muncul Lagi di Pelatihan Kader AMPL

393
0
BERBAGI

Kab. Tasikmalaya | “SI KorSi” atau kependekan dari kata”Sinergisitas-Kolaborasi-Sinkronisitas” mengemuka kembali dipelatihan Kader AMPL lama se Kabupaten Tasikmalaya penerima Program Pamsimas dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2018, pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 23 s/d 25 Juli 2019 bertempat di Hotel Mangkubumi, peserta yang berasal dari 147 desa dari 34 Kecamatan se Kabupaten Tasikmalaya, dalam kegiatan ini hadir narasumber dari Dinas diantaranya DPMDAKB dan DPRKP,

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Kabid Air Minum dan Penyehatan Lingkungan bapak Atep Sumardi, ST.,MT, dalam sambutan dan arahannya Ia mengharapkan sekali kepada bapak ibu kader AMPL yang hari ini berkumpul untuk mengikuti pelatihan, agar dapat mengawal secara baik integrasi isu air minum dan sanitasi dapat menjadi prioritas kegiatan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa dan Rencana Kegiatan Pembagunan Tahunan Desa. Kader AMPL mempunyai peranan yang penting dalam proses pemberdayaan dan membangun partisipasi masyarakat serta mengawal isu AMPL pada pembangunan Desa. Secara lengkap ada dua Peran Kader AMPL yaitu Pertama, Menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif melalui perencanaan program Pamsimas; Kedua, Mengawal kegiatan keberlanjutan di tingkat masyarakat, serta mengawal isu-isu AMPL dalam proses perencanaan program pembangunan AMPL berbasis masyarakat. Kedua peran ini sangat penting bagi terwujudnya pencapaian 100% akses air minum dan sanitasi di desa bapak ibu sekalian. Saya yakin, kita semua akan tersenyum bahagia apabila semua warga masyarakat kita mendapatkan kemudahaan dalam mendapatkan air bersih, tidak ada lagi satu pun warga masyarakat kita yang buang air besar sembarang. Sehingga semua warga masyarakat desa kita menjadi sehat, produktivitas kerja masyarakat desa menjadi meningkat dan akhirnya desa kita menjadi sejahtera. Semua berawal dari tersedianya sarana air minum yang aman dan sarana sanitasi yang layak.

Pada kesempatan pelatihan tersebut, narasumber dari DPMDAKB yang diwakili oleh Bapak Amang Budiaman menyampaikan materi tentang Pengawalan Integrasi PJM ProAKSi dan RKM pada RPJMDes dan RKPDes, ia menyampaikan prioritas dana desa  tahun 2019 diantaranya Pasal 4

  1. Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.
  2. Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan prioritas yang bersifat lintas bidang.
  3. Prioritas penggunaan dana desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Dari kedua bidang diatas untuk usulan air minum dan sanitasi sudah tercover dikedua bidang tersebut, makanya bapak ibu selaku Kader AMPL Desa silahkan kawal dan usulkan prioritas kegiatan air minum dan sanitasi yang ada di dokumen PJMProAksi yang sudah diintegrasikan ke dalam dokumen RPJMDesa dan RKPDesa untuk ditetapkan menjadi APBDesa dan bisa didanai melalui sumber Dana Desa.

Diakhir sesi pelatihan peserta menyampaikan komitmen bersama yang dituangkan ke dalam rencana kerja tindaklanjut yang nantinya menjadi dasar Kader AMPL untuk merealisasikannya di desa masing-masing sesuai peran dan fungsinya, acara Pelatihan ditutup langsung oleh Bapak Drs. H. Nana Heryana, MM Kepala Dinas DPRKP selaku Ketua DPMU Kabupaten Tasikmalaya dalam sambutan dan arahan penutupnya beliau berpesan melalui peran dan fungsi Kader AMPL semoga upaya kita menuju Universal Akses bisa cepat terwujud di Kabupaten Tasikmalaya. Aamiin…

 

 

 

 

 

Redaksi : MJ/ Apep Khoeruman (FM CD Pamsimas Kab.Tasikmalaya)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here