Beranda TNI & POLRI Polres Belitung Timur: Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Polres Belitung Timur: Peringati Hari Kesaktian Pancasila

65
0
BERBAGI

Beltim| Polres Beltim_ Hari Kesaktian Pancasila telah diperingati setiap tahunnya. Memasuki bulan Oktober, tepat pada tanggal 1 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan hari kesaktian Pancasila pada Selasa 1 Oktober 2019

Sejak tanggal 1 Maret 1945, pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia sudah mengajukan pertanyaan penting tentang dasar Negara Indonesia. Hal tersebut memicu upaya untuk merumuskan Pancasila sebagai dasar negara resmi.

Dimulai pada pidato tentang ‘lima dasar’ oleh Muhammad Yamin hingga pidato pada tanggal 1 Juni 1945 yang berisi tentang ‘Lahirnya Pancasila yang dilakukan oleh Soekarno. Pada 22 Juni 1945 Pancasila kemudian disusun sehingga menjadi Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945.

Di Polres Beltim sendiri, upacara di gelar Selasa, 01 Oktober 2019 pukul 07.00 Wib di halaman Mapolres Beltim yang di pimpin langsung oleh Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H selaku Inspektur upacara, Kasat Intelkam AKP Anwar Panuju W, SH selaku perwira upacara dan Iptu Panggil Saragih selaku Komandan upacara. Kapolres dan Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran menggunakan pakaian PDU 3. Upacara yang berlangsung khidmad lebih lagi ketika mengheningkan cipta, pembacaan UUD 1945 dan ikrar.

Suhartono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here