Beranda Daerah Peranserta Pos Ramil Mojoanyar Dalam Peningkatan Produksi Padi

Peranserta Pos Ramil Mojoanyar Dalam Peningkatan Produksi Padi

33
0
BERBAGI

Mojokerto – Danpos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i turut berperanserta dalam peningkatan produksi padi yang berlangsung di Balai Dusun Sadartengah, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (27/06/2019).

Kegiatan bertajuk “Peningkatan Produksi Padi Melalui Pelatihan Tanam Sistem Jajar Legowo”, diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, diikuti sekitar 50 orang, antara lain Babinsa Sadartengah Pelda M. Sholehudin, Kasun Sadartengah, Khoirul, Ketua Gapoktan Dusun Sadartengah, Sugito beserta anggota.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortilkultura Distan Kabupaten Mojokerto, Wastutik Muryati, SP., M.Agr., di awal acara menyampaikan, Pemerintah bertekad meningkatkan produksi dan produktivitas padi melalui rekayasa teknologi salah satunya adalah sistem tanam jajar legowo.

Dijelaskannya, sistem tanam jajar legowo ini sudah banyak dibuktikan melalui percontohan dem area yang dilakukan oleh petani, di mana produksi dan produktivitas padi terbukti meningkat sehingga otomatis akan meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan petani. “Ke depan, dengan semakin banyak petani yang menerapkan sistem tanam jajar legowo diharapkan Kabupaten Mojokerto menjadi swasembada beras atau surplus beras,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan materi pelatihan sistem tanam jajar legowo oleh Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Distan Kabupaten Mojokerto, Toha, SP., yang sehari-sehari menjabat Koordinator PPL Kecamatan Pacet, yang diantaranya mengupas cara penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama, perawatan tanaman atau penyiangan hingga pengubinan dan masa panen dengan hasil produksi maksimal.

Masih di lokasi kegiatan, Danpos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i, mengungkapkan, kehadirannya bersama Babinsa dalam kegiatan peningkatan produksi padi melalui pelatihan sistem tanam jajar legowo, merupakan bentuk dukungan dalam membantu suksesnya program Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto.

“Hingga saat ini, Satkowil khususnya di Posramil Mojoanyar melalui para Babinsa melaksanakan upaya khusus ketahanan pangan berupa pendampingan terhadap petani, mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan, masa panen hingga distribusi hasil panen. Semua itu dilakukan dalam upaya membantu terwujudnya swasembada pangan di wilayah,” tandas Danposramil.

END

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here