Beranda Daerah Pemkab Beltim Kembali Sabet Penghargaan Pelayanan Publik

Pemkab Beltim Kembali Sabet Penghargaan Pelayanan Publik

17
0
BERBAGI

Belitung Timur | Pemerintah Kabupaten Belitung Timur kembali memperoleh penghargaan dalam bidang Pelayanan Publik. Kali ini melalui penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) dari lembaga independen Frontier Grup Indonesia dan Tempo Media Grup.
Pemkab Beltim memperoleh predikat Gold IAA klasifikasi Kabupaten Ekonomi Kecil untuk kategori pelayanan publik. Penghargaan diserahkan langsung oleh CEO Frontier Group, Handi Irawan D kepada Bupati Beltim, Yuslih Ihza di Ballroom Hotel Pullman M.H Thamrin, Jakarta, Selasa (23/7/19) Malam.

Hadir dalam kegiatan ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo serta Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

Totalnya ada 48 Kabupaten, Kota dan Provinsi dari seluruh Indonesia yang masuk nomonasi. Sebelum diberikan penghargaan, daerah yang masuk melakukan presentasi.Presentasi bertujuan untuk meyakinkan dewan juri bahwa daerah tersebut layak menyandang predikat terbaik di masing-masing dimensi dan kategorinya.

Penggagas kegiatan sekaligus juri, Handi Irawan D mengungkapkan indeks ajang penghargaan IAA digelar berbasis data sekunder dari berbagai lembaga kredibel serta data primer dengan riset yang melibatkan publik secara langsung untuk memperoleh gambaran nyata di semua tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi.

“Penilaian terakhir dilakukan dengan presentasi di hadapan tim juri yang melibatkan akademisi dari universitas dan LIPI, praktisi, pemerintah dan media yang telah dilaksanakan pada 24-28 Juni 2019 terhadap 56 daerah,” ungkap Handi.

Khusus untuk penilaian kategori Pelayanan Publik indeks penilaian yang dilakukan menggunakan pengumpulan data-data pelayanan publik secara daring, analisa layanan publik secara digital (analisa sosial media), serta data sekunder dari OMBUDSMAN RI.

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengaku sangat bersyukur dengan pencapaian yang diraih. Ia mengatakan penghargaan yang diterima merupakan penghargaan tertinggi ke dua di bidang pelayanan publik. Pertama saat tahun 2017 lalu Pemkab Beltim juga menerima penghargaan dari Ombudsman RI.

“Alhamdulillah kerja keras rekan-rekan aparatur di Pemkab Beltim dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Saya selaku Bupati mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi selama ini,” ujar Yuslih.

Meski begitu Yuslih menekankan agar para aparatur tetap mawas diri dan terus bersemangat dalam meningkatkan kinerja serta inovasi pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Jadi sesuai standar pelayanan publik, tidak ada lagi ketidakjelasan prosedur, ketidakpastian jangka waktu pelayanan dan layanan perizinan investasi, pungli/ korupsi serta kesewenang-wenangan yang berakibat menurunnya kepercayaan publik terhadap Pemkab Beltim,” kata Yuslih.

Terakhir, ia menyatakan akan terus memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik yang bisa diterima oleh masyarakat. Penerapan pelayanan standar itu dilakukan dengan melibatkan masyarakat melalui forum diskusi pelayanan publik dan mempublikasikannya kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan komitmen dari seluruh aparatur kita akan dapat mempertahankan penghargaan yang diraih. Semoga di tahun selanjutnya penghargaan lebih tinggi Insyallah kita dapatkan,” pungkasnya.

Dari 48 daerah yang menerima IAA, Kabupaten Beltim merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang memperoleh penghargaan. Selain itu Pemprov Kepulauan Babel juga menerima penghargaan IAA kelas Gold dengan kategori Provinsi Kecil sector Investasi. Penghargaan diterima oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rormanyang diserahkan oleh Wartawan Senior, Bambang Harimurti.

AS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here