Beranda TNI & POLRI Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Ceramah Wasbang Bagi Satlinmas

Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Ceramah Wasbang Bagi Satlinmas

34
0
BERBAGI

Mojokerto| Dalam upaya mengoptimalkan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mojokerto menggelar kegiatan Optimalisasi Peran Satlinmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto, di Ruang Pertemuan UPT Balai Pelatihan Kerja (BLK), Jalan Raya Pasinan, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (14/11/2019).

Kodim 0815 Mojokerto salah satu instansi yang digandeng dalam kegiatan tersebut, menugaskan dua orang Perwira Staf untuk membekali materi wawasan kebangsaan bagi anggota Satlinmas, sejak Selasa (12/11/2019) lalu.

Kali ini, Kamis (14/11), giliran Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., yang memberikan pembekalan materi Wasbang bertajuk “Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI”.

Kapten Inf Benny Irawan, A.Md memaparkan tentang definisi bela negara sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3), bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,”.

Demikian pula dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat 1 tentang Pertahanan Negara, ditegaskan bahwa “Upaya Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara”, tandas Pasi Intel.

Lebih jauh Pasi Intel menjelaskan tentang nilai -nilai Bela Negara meliputi Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Memiliki kemampuan awal Bela Negara.

“Penerapan bela negara di lingkungan masyarakat bisa dilakukan melalui meningkatkan kegiatan gotong royong dan semangat persatuan dan kesatuan, menjaga keamanan lingkungan melalui kegiatan Siskamling atau ronda, menciptakan suasana rukun, damai dan tentram dalam masyarakat, menghargai adanya perbedaan dan memperkuat persamaan yang dimiliki,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Danramil 0815/13 Kutorejo juga menyinggung tentang Ketahanan Nasional. “Pada hakekatnya Ketahanan Nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara ”, ungkapnya.

Di akhir materinya, Pasi Intel mengajak segenap anggota Satlinmas untuk tetap mendedikasikan pengabdiannya dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing, terlebih menjelang pelaksanaan Pemilukada, diperlukan kemampuan untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap gejala sosial yang berpotensi menimbulkan kerawanan.

Tampak hadir dalam kegiatan, Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Mojokerto Drs. Karel, MM., beserta para Kasi, Kabid Kewaspadaan dan Kajian Strategis Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto, Drs. Roul Amrullah, Anggota Satlinmas dari Kecamatan Trawas, Pacet, Gondang, Jatirejo, Mojosari, Pungging, Ngoro, Kutorejo dan Dlanggu selaku peserta dan undangan lainnya.

( END )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here