Beranda Lifestyle Ormas Gibas: Dalam Menyikapi Transfaransi ADD dan DD Diseluruh Desa Kecamatan Darangdan...

Ormas Gibas: Dalam Menyikapi Transfaransi ADD dan DD Diseluruh Desa Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta

215
0
BERBAGI

Purwakarta,(WK)- Sebagai control sosial masyarakat maka ormas GIBAS kecamatan Darangdan pada bulan april kemarin melayangkan beberapa surat Audensi terhadap seluruh Desa di kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta.

Saat dikonfirmasi oleh Wartakum Net. dari salah satu nara sumber audensi R Gara Sugara (sekjen Ormas Gibas Kecamatan Darangdan ) menyatakan bahwa audensi tersebut akan di lakukan guna terciptanya transfaransi penggunaan ADD(anggaran dana desa ) maupun DD (dana desa) terhadap masyarakat.

“Hal ini di lakukan karena naiknya survey dalam penyelewengan penggunaan dana tersebut,maka sebagai kepedulian ormas GIBAS terhadap hal tersebut maka kami layangkan surat audensi ke setiap desa di kecamatan Darangdan dengan sechedule dan jadwal yang berbeda.

mengingat bedanya setiap perencanaan pembangunan di setiap desa,Audensi pertama ormas Gibas di laksanakan pada tgl 25 April 2019 di Desa Nagrak Kecamatan Darandan,namun pada pelaksanaan kami dari ormas Gibas merasa tidak puas karena ternyata surat Audensi yang kami layangkan membuat riyak yang sangat luar biasa dari para kepala desa bahkan kecamatan hal itu terbukti dengan hadirnya 13 kepala desa dari 15 kepala desa sekecamatan darangdan bahkan kami datang di sambut langsung oleh Ade sumarna selaku camat Darangdan.

“Dengan sambutan hangat maka kedatangan kami saat itu di anggap hanya sebatas silaturahmi ,bahasan kami mengenai ADD dan DD bahkan mendapatkan tindakan agar hal tersebut tidak terjadi itu terbukti dengan ungkapan salah satu mediator audensi yang sengaja membahas dan mencari kesalahan dari surat audensi yang kami layangkan,di mana mediator desa tersebut bukan bagian dari aparatur Desa nagrak yang secara resmi kami kirim surat.

Bahkan saat acara berlangsung kepala desa nagrak yang justru sebagai tuan rumah yang seharusnya justru bisa menjelaskan kepada kami,justru malah tidak hadir di tempat berlangsungnya audensi,padahal sebelumnya kepala desa nagrak ada dan ikut menyambut kedatangan kami,saat itu di karenakan kami di hadapkan dengan seluruh kepala desa maka kami tidak dapat mendapatkn secara detail dari Kepala Desa Nagrak saat itu.

Oleh sebab hal tersebut maka kami dari ORMAS GIBAS akan kembali melakukan Audensi ke seluruh desa Se-Kecamatan Darandan,dan dalam pelaksanaannya nanti sebelumnya kami juga akan menggandeng pihak – pihak terkait yang lebih berwenang dalam memeriksa data secara detail ,guna tercapainya transfaransi publik dan meyakinkan masyarakat tidak adanya tindak pidana korupsi atau penyalah gunaan anggaran negara maka audensi berikutnya kami akan libatkan baik dari pihak insfektorat,KPK dan kemendagri

“Kami akan layangkan surat permohonan pendampingan dan audit kepada lembaga” tersebut.

Sesuai jadwal yang akan kami tentukan nanti berdasarkan hasil rapat kerja yang akan kami lakukan.

Joko / Tim


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here