Beranda Daerah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Cijengkol

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Cijengkol

38
0
BERBAGI

Sukabumi| Musywarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) Bertempat di gedung serba guna Desa Cijengkol,Kepala Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2019 – 2020. Rabu( 9/10/2019 )

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Dalam pelaksanaannya, dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur-unsur lainnya yang terkait di Desa.

Untuk diketahui, Kegiatan tersebut secara kultural adalah dalam rangka mewujudkan sila ke-4 dari Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.

Yang mana telah menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta landasan dalam menjalankan seluruh kegiatan pemerintahan.

Dirilis yang di terima Wartakum.net, Salah satunya adalah kegiatan yang rutin setiap akhir tahun. Yang diadakan oleh pemerintah Desa Cijengkol yakni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Desa Cijengkol yang ikut dilibatkan dalam Musrembang Desa Cijengkol, Rabu (09/10). Terjalinnya Transparansi pembangunan di Desa Cijengkol.

Menurut kepala desa haer ini adalah salah satu niat baik dari pemerintahan Desa Cijengkol. Ia menjelaskan dengan melibatkan Masyarakat dan Elemen lainya agar pembangunan Desa Cijengkol menjadi lebih efektif dan efisien.

Maka akan dapat mencegah penyelewengan anggaran Desa Cijengkol. Kedepannya agar pembangunan Desa terlaksana dengan baik.

Oban Sobandi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here