Beranda Daerah Komunitas Peduli Kemanusiaan

Komunitas Peduli Kemanusiaan

77
0
BERBAGI

Sukabumi| Peduli kemanusiaan, Koordinator Relawan Maju Desa Lembur Sawah Menggalang Dana Bersama Komunitas Nagrog Ngariung, Bantar Karet Bersatu(PBB)dan pemuda Pancasila Desa Lembur Sawah Menggalang Dana untuk menyumbang lansia , dengan mengunjungi kediaman lansia tersebut yang Berdomisili di Kp. Genteng RT 07 Rw 06 Desa Lembur Sawah kec. Cicantayan Sabtu (12/10/2019).

Dalam kegiatan itu, Komunitas kali ini fokus kepada Panti Jompo, Rehabilitasi Tuna Rungu,Tuna Wicara dan memberikan perawatan kepada lanjut usia (lansia).

Kegiatan bakti sosial yang diadakan langsung ke rumah kediaman lansia ibu Yoyoh (80 THN) ini sangat menggugah hati para relawan dikarenakan kondisi ibu Yoyoh harus di pedulikan oleh kita semua khususnya kaum berjiwa muda.

Para relawan mengatakan kami tidak hanya membantu fakir miskin, tapi Relawan inijuga membantu orang-orang yang tidak berdaya atau lemah. Oleh karena itu,para relawan membantu lansia yang juga membutuhkan sentuhan kasih sayang.

“Kita memahami, kita mengetahui, banyak juga dhuafa-dhuafa yang lansia untuk itulah gerakan relawan lansia Indonesia dimana lansia yang mempunyai kelebihan dan kecukupan berkontribusi membantu saudara lansia lainnya yang memiliki kekurangan,” kata Dede Iskandar kepada Wartakum.net di Rumah lansia.

Ia menerangkan, setelah adanya gerakan ini diharapkan membangun kesadaran betapa pentingnya peran lansia.relawan akan mempunyai beberapa program untuk kedepannya seperti pemberdayaan di beberapa bidang, di antaranya bidang kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi agar para lansia ada sentuhan dari instansi terkait.

Dengan adanya gerakan ini para relawan berharap agar adanya sentuhan dari instansi terkait yang memang berjalan pada poksinya.dan kami berharap supaya lansia ini diperhatikan.

Mereka yang lansia tidak hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Mereka juga butuh bekerja dan produktif agar terhindar dari buram, budeg, beser dan bengong (B4). Mereka jadi punya aktivitas yang produktif dan kegiatan menjadi relawan. Diharapkan, hormon-hormon yang sehat muncul di dalam dirinya.

“Sehingga sistem kekebalan tubuhnya meningkat, jadi umurnya panjang, umur panjang karena produktif dan berbagi maka amalnya makin manjang,” ujarnya.

Jangan di lalai kan karena akan menjadi seperti kasus ini yang memang pada awalnya belum ada sentuhan dari instansi yang bersangkutan sehingga lansia ini tidak sama sekli mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti Kis, PKH dan Lin sebagainya.

Oban Sobandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here