Beranda Lifestyle Jangan Salah Mengartikan Dalam Membaca Lebel Kadaluarsa Makanan

Jangan Salah Mengartikan Dalam Membaca Lebel Kadaluarsa Makanan

26
0
BERBAGI

WK- Ketika membeli produk makanan, Anda akan menemukan label kedaluwarsa di salah satu bagian kemasan. Ada tiga pelabelan yang sering digunakan sebagai standar internasional, yaitu best by, sell by, atau use by. Tak semua orang mengerti arti dan perbedaan ketiganya.

Agar tak salah kaprah, Time pada Selasa, 26 Februari 2019, mengulas cara membaca label kedaluwarsa sebagai berikut.

1. Best by (baik digunakan sebelum)

Tanggal ini berhubungan dengan kualitas produk makanan, bukan keamanan. Sampai saat tanggal itu, artinya rasa dan kualitas produk masih baik, kata pakar informasi teknis  Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) Janell Goodwin.

2. Sell by (tanggal penjualan)

Label ini sebenarnya lebih ditujukan untuk pihak toko, sebagai panduan berapa lama waktu yang tepat untuk memajang produk yang dijual.

3. Use by (digunakan sebelum)

Tanggal ini merujuk pada rekomendasi hari terakhir di mana produk bisa digunakan dalam kondisi kualitas terbaiknya. “Semua tanggal itu merujuk pada kualitas dan kesegaran, bukan keamanannya,” kata Goodwin.

Dalam studi Waste Management, 42 persen orang mengira label “use by” merujuk pada keamanan sehingga banyak yang langsung membuang produk begitu mencapai tanggal yang tertera. Sebanyak 19 persen lagi mengira hal yang sama pada label “sell by”.Sabtu(2/3/19) Sumber : Tempo.

Mukti Gunawan


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here