Beranda Daerah DPKUKM dan koperasi Pasar Parungkuda Giat Tera dan Kalibrasi Timbangan

DPKUKM dan koperasi Pasar Parungkuda Giat Tera dan Kalibrasi Timbangan

38
0
BERBAGI

Sukabumi,(WK)- Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi akan melakukan pendataan dan tera ulang terhadap alat timbangan atau penakar milik pedagang.

Hal ini dilakukan guna mengurangi aksi curangnya para pelaku perdagangan yang menggunakan alat ukur timbangan.

“Langkah ini, ditujukan untuk menghindari terjadinya praktik kecurangan takaran dengan cara merekayasa alat timbangan serta tera ulang untuk menjamin kebenaran alat ukur (timbangan) sebagai takaran,” ujar Penera Metrologi DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ade Suhendar.

Ade Suhendar menambahkan, semua pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi yang menggunakan alat ukur akan dilakukan pendataan dan tera ulang terhadap seluruh alat timbangan.

“Saat ini kita baru melakukan tera ulang di Pasar Parungkuda, bekerjasama dengan Koperasi Pasar di Kecamatan Parungkuda. Kemudian akan dilanjut ke Pasar Cicurug dalam waktu dekat,” jelasnya.

Target tera ulang tersebut, berupa alat takar sejenis timbangan bebek, timbangan duduk serta alat timbangan lain yang umumnya digunakan para pedagang pasar tradisional maupun pasar modern.Ungkap Ade.

Evi selaku perwakilan Koperasi Pasar Parungkuda sangat mengapresiasi adanya Dinas DPKUKM untuk Mengkalibrasi dan Tera timbangan yang ada di warung-warung atau los pasar, namun sangat prihatin baru 40 persen yang sadar akan Tera.Ungkap Evi.

“Selain itu, alat penakar bahan bakar minyak yang digunakan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) juga menjadi target dalam kegiatan ini,” pungkasnya.Senin (11/3/2019).

IMAN/MG


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here