Beranda Peristiwa Cikidang 7 Titik Akses Jalan Tertutup Longsor

Cikidang 7 Titik Akses Jalan Tertutup Longsor

97
0
BERBAGI

Wartakum.net  Sukabumi.-   Akibat dari Bencana Longsor dan Banjir yang menerjang Desa Cikidang dan Desa Bumisari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Tercatat ada  tujuh titik longsor, diantaranya menutup akses jalan. Selain longsor banjir bandang juga menerjang mengakibatkan saluran air bersih di Kampung Bumisari terputus dan rusak puluhan hektar area sawah. Bencana banjir ini bukan yang pertama kalinya tapi yang kedua atau banjir susulan disertai dengan longsor dan pergeseran tanah terjadi pada Kamis sore (24/1/19).

 
“Musibah longsor  menimpa akses jalan yang menghubungkan jalan kabupaten dan jalan desa. Selain jalan yang tertimbun, puluhan hektar sawah, kandang ternak milik wargapun ikut hanyut terbawa banjir, dan sumber air bersih terputus warga kami kesulitan air bersih” Ucap  Kepala Desa Bumisari’ Solihudin, kepada wartakum.net Jumat (25/1/19).
 
Solihudin menuturkan, adapun jalan yang tertutup longsor sementara sudah bisa dilalui oleh warga dengan cara gotong royong membersihkan material longsoran, di bantu dari Babinsa,Bhabinkantibmas Polsek Cikidang,Aparatur Desa,dan warga.
 
Sudah kita atasi melalui gotong royong masyarakat, membuka akses yang semula tertutup” Ucapnya.
 
Diantara jalur yang sudah kami bersihkan secara gotongroyong, ada satu jalan yang menghubungkan tiga Desa yaitu Cikidang, Bumisari dan Pangkalan, masih tertutup material longsor.Kami masih berkordinasi dengan pihak Dinas PU atau Binamarga untuk menurunkan alat berat. Kalau berkenan pihak Pemda Kabupaten memerintahkan BPBD mengecek langsung ke lokasi kejadian, dan kami atasnama warga mengucapkan banyak terimakasih sekali sebelumnya” Ucap Romli Ketua RT.

Kejadian bencana ini mengakibatkan warga harus mengungsi dan kini warga belum bisa pulang lagi untuk mengisi rumahnya masing-masing, karena takut ada banjir,atau longsor susulan” Tegas, Solehudin

Lokasi pesawahan, dan peternakan  yang paling banyak terdampak banjir bandang. Kami berharap Pemerintah Pemda Kabupaten Sukabumi bisa memberi bantuan terutama untuk saluran air bersih di dua RW” Ucapnya.Jum’at(25/1/19).

 

 

Mukti Gunawan


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here